Pages

Sabtu, 17 November 2012

FILATELI

http://bulletinmetropolis.com/home/wp-content/uploads/2012/11/PAMERAN-FOTO-DAN-PAMERAN-FILATELI.jpg
Pameran Filateli @PTC 10/11/12

Jadi tanggal 8 November 2012 itu ada lomba filateli di dinas Kominfo Kota Palembang, dilanjutin tanggal 10 November 2012 itu ada Pameran Perangkonya di atrium mall Palembang Trade Center (PTC). Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang menggelar acara lomba dan pameran filateli adalah dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2012. nah udah pada tau belum filateli itu apa?
Kalo belum terus ikutin dan baca postingan gue yang satu ini yaa =D hehe

Asal Mula Filateli
Filateli dimulai dari pengamatan seseorang terhadap setumpuk prangko. Awalnya terlihat sama, tetapi setelah diamati lebih dekat ternyata ada banyak perbedaan. Masing-masing prangko memiliki perbedaan jenis kertas, desain, tanda air pada kertas, variasi warna dan arsiran, bentuk pelubangan, dan lainnya.
Ditambah lagi, ciri khas kantor pos di tiap negara berbeda-beda. Hal ini menjadikan prangko memiliki identitasnya sendiri-sendiri.

Perangko Tema Flora dan Fauna


Filatelis
Filatelis adalah sebutan bagi orang-orang yang memiliki pengetahuan filateli dan mempelajari prangko. Mereka yang punya pengetahuan filateli yang bisa membedakan yang asli dari yang palsu. Dalam mengamati dan mempelajari prangko, filatelis menggunakan alat bantu: pinset untuk menjepit prangko, kaca pembesar, juga odontometer. Odontometer adalah alat untuk mengukur jarak lubang antar dua prangko.
Tidak semua filatelis mengoleksi prangko. Tapi tidak sedikit juga yang melakukannya. Biasanya mereka menyimpan prangko-prangko tersebut dalam sebuah buku khusus.

Kalau koleksi sudah banyak, simpan dalam buku prangko seperti ini.


Koleksi Prangko
Koleksi prangko adalah salah satu hobi terpopuler di dunia. Anak-anak dan remaja adalah para kolektor prangko pertama di dunia. Hobi ini sudah ada sejak tahun 1860an. Kira-kira sudah hampir 150 tahun umurnya. Jadi kita patut berbangga kawan-kawan!
Pameran Filateli

Nah udah tau kan sekarang, Lomba Filateli itu lomba apa?
lomba Filateli adalah lomba menata prangko, buat gue pribadi itu jadi pengalaman pertama =)) Lomba yang bertema "Dalam Rangka Hari Pahlawan Mari Kita Cintai Perangko Indonesia" itu, terbuka untuk umum dan diikuti 45 pelajar SMA dan 31 pelajar SMP di Palembang.. Yah walaupun gue gak menang *padahal pengen* HAHA setidaknya gue dapet pengalaman dari sana, dan gue dapet ilmu baru tentang perangko, satu lagi hobi baru sebagai Filatelis O:)
#teriak amin sama-sama

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih

Terimakasih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...