Pages

Kamis, 07 Maret 2013

Kebersihan Kelas #ADIWIYATA #SMAN4PLGRoadtoADIWIYATA




Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

SMAN 4 Palembang tengah menyiapkan diri menuju sekolah Adiwiyata. Jadi sekolah Adiwiyata itu sendiri adalah sekolah yang peduli lingkungan dan sekolah berbudaya lingkungan . Tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.



Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Semua program yang dilakukan berindikator dari empat hal berikut, yakni :
  1. KEBIJAKAN  SEKOLAH
  1. KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN 
  1. KEGIATAN PARTISIPATIF 
  1. PENGELOLAAN SARANA PENDUKUNG
Yang akan dibahas disini adalah lebih spesifik kepada indikator nomor 3 yaitu "Kegiatan Partisipatif". Kegiatan Partisipatif Yang dilakukan oleh warga SMAN 4 Palembang untuk mensukseskan program ini, banyak sekali, dimulai dari hal yang kecil seperti membersihkan ruang kelas. Berikut akan dilampirkan cotoh-contoh kegiatan yang dilakukan oleh para siswa atas partisipasinya dalam program #SMAN4PLGRoadtoADIWIYATA



Gambar diatas merupakan gambar salah siswa laki-laki yang sedang mengangkat kursi, karena kelas akan segera dibersihkan. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dan lebih bersih saat ruangan di sapu.




Berikut ini adalah foto beberapa siswa yang sedang melaksanakan kegiatan piket kelas, piket kelas bertujuan untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat serta nyaman saat digunakan belajar. Piket kelas dilakukan oleh siswa laki-laki dan perempuan, di SMAN 4 Palembang piket kelas selalu dilaksanakan setelah jam pulang sekolah selesai, setiap harinya.




  Selain menyapu, beberapa siswa juga ada yang membersihkan kaca jendela, menyiram tanaman, membuang sampah, mengepel, dan merapikan meja guru. Semua dilakukan karena ingin memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan hijau. 








 Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Selain itu sekolah juga diharapkan melibatkan masyarakat disekitarnya dalam melakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkungannya. Maka dari itu siswa berperan aktif dengan membantu melaksanakan piket kelas setiap harinnya. 




Didepan ruang kelas juga terdapat dua macam kotak sampah satu kotak sampah ORGANIK dan yang kedua kotak sampah NON-ORGANIK. Pemisahan sampah ini bertujuan untuk pengembangan sistem pengelolaan sampah menjadi bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan kembali contohnya pupuk kompos.



Selanjutnya, di Program #SMAN4PLGRoadtoADIWIYATA ini terdapat penilaian kebersihan kelas yang dilakukan setiap harinnya dan diberi nilai poin. Poin-poin tersebut nantinya akan di akumulasikan, hingga terdapat kelas ter-bersih se SMAN 4 Palembang. kegiatan ini juga merupakan, kegiatan yang turut berpartisipasi untuk program ADIWIYATA.


 Gambar diatas merupakan foto kelas setelah dibersihkan, tampak begitu bersih dan rapi. Kami berharap kegiatan seperti ini akan terus menjadi budaya hidup bersih bagi seluruh warga SMAN 4 Palembang. Terimakasih..#SMAN4PLGRoadtoADIWIYATA

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih

Terimakasih
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...